Minggu, 17 Desember 2017

Dari Pengajar Menjadi Pembelajar

Dari Pengajar Menjadi Pembelajar

GURU adalah orang yang mengantarkan seseorang untuk mencapai kemuliaan dan memiliki peranan penting dalam proses belajar anak-anak kita. Lewat tangannya, guru memberikan pencerahan bagi siswanya, serta mampu melahirkan siswa yang tangguh, siap menghadapi aneka tantangan, dan menempa karakter anak.

Namun, pada peringatan Hari Guru Nasional yang diperingati setiap 25 November, tahun ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengingatkan bahwa saat ini peran guru bukan sekadar pengajar, melainkan juga pembelajar.

“Proses belajar mengajar saat ini adalah bagaimana menyiapkan anakanak abad ke-21. Masalahnya, gurunya abad ke-20 yang bersekolah pada abad ke- 19,” kata Mendikbud di sela acara penyerahan penghargaan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi di Jakarta, pekan lalu.

Jeda satu abad tentu memberikan perbedaan besar bagi sebuah generasi. Anies menganalogikan, mengubah kebiasaan tersebut ibarat mengubah kebiasaan dari menulis di tangan kanan ke tangan kiri.

“Kalau dulu, berpikiran bahwa mendidik anak itu seragam. Sekarang, mendidik anak sesuai dengan kebutuhan mereka,” ujar dia.

Anies menegaskan tuntutan untuk menjadi pembelajar bukan berlangsung sebentar, melainkan seumur hidup. Cara itu secara tidak langsung akan mendorong para guru di Indonesia untuk berpikir kreatif serta inovatif dalam mengasah dan membagikan ilmu pengetahuan yang dimilikinya.

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu mencontohkan, kemajuan teknologi informasi yang saat ini bergerak dinamis seharusnya menjadi alat untuk menunjang aktivitas belajar. Guru dapat menjadi inspirasi dan pendorong bagi kemajuan prestasi siswa didiknya. “Jangan untuk melanggengkan masa lalu, berteman hanya dengan teman SD, SMP, dan SMA-nya,” kata Anies.

– See more at: http://www.mediaindonesia.com/index.php/news/read/9211/dari-pengajar-menjadi-pembelajar/2015-11-25#sthash.9JzhCWya.dpuf

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *